Address
Jl. Tohpati No.53 RT. 05 RW 02 Golo Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta Indonesia
Phone
0274 - 376813 // 0816686916 // 08179410507
Email
mitramediakomunika@yahoo.com

Apa Itu Percetakan?

Diterbitkan Minggu, 8 September 2024

Untuk pengertian percetakan sendiri yaitu sebuah industri yang berupa tulisan atau gambar dengan memanfaatkan tinta melalui mesin cetak dengan jumlah yang sangat banyak. Percetakan bisa menghasilkan banyak produk dengan memanfaatkan mesin percetakan.

Hasil dari percetakan ini bisa berupa buku, koran, majalah sampai label untuk media promosi. Ada banyak sekali teknik yang diterapkan dalam proses pengerjaannya, yang dimana hal ini terdiri dari sablon, cetak relief sampai percetakan yang memanfaatkan sistem digital.

Contoh dari pemanfaatan percetakan dalam sistem digital yaitu laser, pita jarum atau inkjet juga teknik rotogravure. Apa itu rotogravure? Rotogravure merupakan suatu teknik percetakan yang digunakan untuk mencetak bahan yang terbuat dari PVC, plastik, aluminium dan juga kertas.

Saat ini percetakan juga sudah menerapkan teknik cetak poly. Apa itu teknik cetak poly? Teknik ini akan memberikan suatu sentuhan emas atau perak pada permukaan agar hasil bisa menarik. Selain itu, ada juga teknik emboss yang juga bisa menghasilkan suatu cetakan timbul pada permukaannya. Kedua teknik ini sudah beredar dan sudah banyak yang menggunakan.